Promotional Mix - Product Life Cycle
Marketing Mix atau Bauran Pemasaran, memiliki 4P yaitu:
a. Product
b. Price
c. Place
d. Promotion,
memiliki 5 bauran promosi atau Promotion Mix yaitu:
- Public Relation, bersifat non-paid.
Seperti contohnya, jika suatu perusahaan memiliki produk baru dan ingin
mereka kenalkan lewat media massa, biasanya perusahaan akan mengundang
wartawan dan memberi produk tersebut secara cuma-cuma dengan tujuan agar
wartawan tersebut dapat menulis atau mempromosikan produknya dimedia
massa.
-
Direct Marketing, untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.
-
Sales Promotion, untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara
pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon atau sampel produk.
-
Personal Selling, merupakan satu-satunya yang berbentuk komunikasi 2 arah atau langsung berhadapan dengan customer. Dan sales call ini menggunakan teknik persuasif.
-
Advertisment, untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.
Dalam ilmu pemasaran, dikenal adanya daur hidup produk, siklus hidup produk atau product life
cycle. Siklus itu terdari dari fase introduksi (pengenalan produk baru),
kemudia fase pertumbuhan, fase maturity, dan kemudian diikuti dengan
fase decline (penurunan). Hubungannya dengan Marketing Mix adalah, product life cycle itu sendiri dipengaruhi tentunya hasil dari Marketing Mix yaitu hasil pemasaran yang telah dilakukan bagian-bagian dari Marketing Mix.
Komentar
Posting Komentar