Pentingnya Marketing Mix

Setelah mengetahui apa itu Tactic Marketing pada blog sebelumnya, saya akan menjelaskan salah satu bagian dari Tactic Marketing yaitu Marketing Mix.
Marekting Mix merupakan suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen di dalam marketing mix itu sendiri yang dilakukan secara terpadu.

Untuk mencapai kesuksesan berbisnis dibutuhkan kecakapan yang komplek dalam proses pengelolaan bisnis tersebut. Tidak hanya mempunyai produk berkualitas, banyak faktor lain juga perlu dipertimbangkan. Salah satunya yakni lini pemasaran atau marketing.


1.      Marketing Mix atau Bauran Pemasaran, memiliki 4P yaitu:
a.       Product
b.      Price
c.       Place
d.      Promotion, memiliki 5 bauran promosi yaitu:
-          Public Relation, bersifat non-paid. Seperti contohnya, jika suatu perusahaan memiliki produk baru dan ingin mereka kenalkan lewat media massa, biasanya perusahaan akan mengundang wartawan dan memberi produk tersebut secara cuma-cuma dengan tujuan agar wartawan tersebut dapat menulis atau mempromosikan produknya dimedia massa.
-          Direct Marketing, untuk mengkomunikasikan produk atau jasa secara langsung kepada konsumen yang dianggap target market potensial.
-          Sales Promotion, untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara pemberian diskon, pengadaan kontes, pemberian kupon atau sampel produk.
-          Personal Selling, merupakan satu-satunya yang berbentuk komunikasi 2 arah atau langsung berhadapan dengan customer. Dan sales call ini menggunakan teknik persuasif.
-          Advertisment, untuk memberikan informasi tentang produk (barang/ jasa) kepada target konsumen dan untuk meningkatkan penjualan.

Pentingnya Marketing Mix dalam Taktik Marketing adalah setiap bagian dalam bauran pemasaran ini sendiri saling berhubungan atau terkait, sehingga perlu ada komunikasi yang baik antara satu dengan yang lain agar dapat menghasilkan konsep pemasaran yang baik.

Komentar

Postingan Populer