Contoh Penerapan 4P
1.
Marketing Mix atau Bauran Pemasaran,
yang memiliki 4P yaitu:
a. Product
b. Price
c. Place
d. Promotion,
memiliki 5 bauran promosi yaitu:
-
Public Relation
-
Direct Marketing
-
Sales Promotion
-
Personal Selling
-
Advertisment
Pada blog kali ini saya akan menjelaskan pengertian serta contoh dari 4P dalam Marketing Mix :
- Product, merupakan segala jenis barang dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan masyarakat.
Contohnya: Dissa akan menjual masker organik untuk wajah. Ia membuatnya sendiri dengan bahan-bahan alami seperti oatmeal,bubuk greentea, dan juga kopi. Produknya ia kemas dengan isi 100gr. Maskernya berfungsi untuk mencerahkan,melembabkan ataupun mengatasi jerawat pada wajah. Dan yang paling penting produk yang ia buat tidak menggunakan pengawet. - Price, merupakan harga yang diberikan/ditawarkan kepada masyarakat untuk menjadi bahan perbandingan antara barang yang satu dengan yang lain.
Contohnya: Dissa mencantumkan harga pada produknya, dengan menerapkan harganya dalam kemasan akan membuat konsumen lebih mudah membandingkan dengan kompetitor. Ia pun memberikan harga yang cukup kompetitif. - Place, berhasil atau tidaknya suatu strategi marketing ditentukan juga oleh saluran distribusi atau tempatnya. Suatu perusahaan haruslah memperhatikan kemudahan akses dan ketersediaan produk pada outlet, karena tujuan dari
distribusi sendiri ialah menyediakan produk dan jasa untuk konsumen pada
tempat dan waktu yang tepat.
Contoh: Dissa mejajahkan produknya disebuah toko kecil dekat SMA nya. Ia memilih tempat tersebut karena menurutnya tempat tersebut sangat strategis mengingat sasaran pasarnya adalah remaja. - Promotion, adalah sebuah upaya mengajak/memperkenalkan konsumen untuk menggunakan produk atau pun jasa yang di tawarkan oleh suatu perusahaan.
Contoh: Dissa mempromosikan produknya tersebut lewat sosial media, mengingat canggihnya teknologi ia merasa para remaja akan mudah melihatnya/mengakses produknya itu.
Komentar
Posting Komentar