Struktur Organisasi di Bidang Pemasaran


Disini saya menyisipkan gambar struktur organisasi dibidang pemasaran pada PT.Multi Bina Pura Internasional.
Berikut adalah tugas dan tanggung jawab dari setiap jabatan yang tertera:
- General Manager:
Merupakan fungsi jabatan kerja tinggi dalam setiap perusahaan.
  • Memimpin perusahaan
  • Mengelola operasional harian perusahaan
  • Merencanakan, melaksanakan, mengkoordinasi, mengawasi dan mengalisis semua aktivitas bisnis perusahaan
  • Merencanakan dan mengontrol kebijakan perusahaan agar dapat berjalan degan maksimal
  • Memastikan setiap departemen melakukan strategi perusahaan dengan efektif dan optimal
  • Mengelola anggaran keuangan perusahaan
  • Memutuskan dan membuat kebijakan untuk kemajuan perusaahan
  • Membuat prosedur dan standar perusahaan
  • Membuat keputusan penting dalam perusahaan, dll.
- Manager Marketing:
  • Bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran
  • Bertanggung-jawab terhadap perolehan hasil penjualan dan penggunaan dana
  • Sebagai koordinator manajer produk dan manajer penjualan, dll.
- Pergudangan:
Merupakan pekerjaan yang terkait dengan penyimpanan barang untuk produksi atau hasil produksi dalam jumlah dan rentang waktu tertentu yang kemudian didistribusikan ke lokasi yang dituju berdasarkan permintaan.
  • Melengkapi pengiriman dan penyimpanan barang melalui pengolahan dan perintah pemuatan.
  • Mengontrol dan bertanggung jawab atas penyimpanan barang dari kehilangan, pencurian, kebakaran dan keusangan.
  • Bertanggung jawab atas pelaksanaan bongkar muat barang di gudang dan ikut menandatangani surat penerimaan barang dan surat jalan.
  • Bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapian di dalam area gudang barang.
  • Bertanggungjawab atas ketepatan laporan gudang.
- Administrasi:
  • Filing/merekap data
  • Mengangkat dan menjawab telepon
  • Membuat surat-surat
  • Melakukan penjadwalan
  • Sebagai front office
- Tally Man:
  • Mencatat dan menghitung muatan yang dibongkar dari truk ke kepal,
  • Membongkar muatan barang-barang pergudangan.
Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi dibidang pemasarannya masing-masing yang tentunya kadang berbeda. Mengapa demikian?
Karena menurut saya, kebutuhan perusahaan satu dengan yang lainnya pasti berbeda-beda dan jadi setiap perusahaan perlu untuk membuat struktur organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan mereka masing-masing.

Komentar

Postingan Populer