Cara Produsen Memenuhi 3 Hal Penting Konsumen
Setiap manusia memiliki kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan harapan (expectation) yang berbeda-beda. Tiga hal penting tersebut merupakan tantangan yang menarik bagi seorang produsen agar bisa memenuhinya tanpa melewatkan satu point pun. Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan
sedemikian rupa sehingga produk yang akan ditawarkan cocok dengannya dan dapat terjual dengan
sendirinya.
Sering kita pahami bahwa keinginan dan kebutuhan adalah sesuatu yang tidak dapat kita pisahkan.
Sering kita pahami bahwa keinginan dan kebutuhan adalah sesuatu yang tidak dapat kita pisahkan.
Keinginan adalah segala kebutuhan lebih terhadap barang ataupun jasa yang ingin dipenuhi. Keinginan tidak bersifat mengikat dan tidak memiliki keharusan untuk segera terpenuhi. Keinginan lebih bersifat tambahan, ketika kebutuhan pokok telah terpenuhi.
Sedangkan, kebutuhan adalah semua barang ataupun jasa yang dibutuhkan manusia demi menunjang segala aktivitas dalam kehidupan sehari-sehari. Kebutuhan tidak akan lepas dari kehidupan sehari-sehari.
Namun selain dua hal tersebut, ada juga harapan. Tentunya sebagai manusia, kita akan selalu mengharapkan apa yang kita inginkan atau butuhkan sesuai dengan apa yang kita mau. Jadi, menurut saya ketiga hal ini memang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Contohnya, ketika kita lapar, makan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi. Namun kitapun menginginkan dan mengharapkan makanan yang enak. Jadi seperti itu ilustrasinya, bahwa ketiga hal tersebut tidak dapat dipisahkan.
Lalu, bagaimana produsen dapat memenuhi ketiga hal tersebut untuk para konsumen? Produsen tentunya akan menjual apa yang menjadi kebutuhan konsumen itu sendiri, namun produsen harus mempengaruhi keinginan dan harapan tersebut dengan membuat suatu produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh konsumen yang dituju.
Komentar
Posting Komentar